Scroll to top

Yuk jual dan beli paket wisata teman2 disini, Daftar Sekarang!

Keranjang Belanja

Batu Angus Kulaba
Formasi Batuan Unik di Kaki Gunung Gamalama Ternate

Senin, 24 Okt 2022, 17:03:58 WIB / By Himawan

Batu Angus Kulaba

Keterangan Gambar : Batu Angus Kulaba Ternate @himsaifanah


Kawasan Batu Angus Kulaba Ternate merupakan kawasan wisata yang berisi kumpulan batu-batu besar berwarna hitam.

 

Batu-batu ini memberi pemandangan alam eksotis, yang menarik perhatian wisatawan yang berkunjung di Ibukota Provinsi Maluku Utara ini.

 

Batu-batu tersebut dulunya adalah hasil muntahan Gunung Gamalama pada tahun 1673. Penduduk menyebutnya dengan kawasan Batu Angus.

 

Batu Angus ini sebenarnya adalah lava dari Gunung Gamalama yang telah mengering dan membatu sehingga berwarna hitam.

 

Batu-batu hitam itu berbongkah-bongkah besar, tingginya rata-rata di atas satu meter. Posisi Batu Angus ini juga berhadapan dengan Laut Maluku. Dari kejauhan juga tampak Pulau Hiri.


Kawasan wisata di Ternate ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pemandangan eksotis dengan hamparan hitam bebatuan. Untuk berfoto, bisa dipastikan foto yang dihasilkan akan menakjubkan.

 

Tak hanya pemandangan bebatuan, sajian indahnya laut Maluku Utara bisa sekaligus dinikmati.  Sebab batu angus ini berlokasi di pinggir pantai.

 

Pemandangan hijaunua Gunung Gamalama, bentangan laut dan juga pulau Halmahera yang bisa dilihat dari ketinggian di kawasan Batu Angus ini.

 

Batu-batu hitam itu berbongkah-bongkah besar, tingginya rata-rata di atas satu meter. Tampak tanaman paku-pakuan, tumbuh di antara batu-batu hitam itu.

 

Bila pohon-pohon itu sudah besar, Batu Angus akan lebih hijau dan sejuk. Panas matahari sangat terasa menyengat pada siang hari di kawasan itu.

 

Gunung Gamalama memang pernah meletus besar pada tahun 1775. Dampak letusannya sampai melenyapkan satu desa dan menimbulkan ratusan korban jiwa.




Silahkan Login untuk memberikan Komentar...