Scroll to top

Yuk jual dan beli paket wisata teman2 disini, Daftar Sekarang!

Keranjang Belanja

Pantai Tanjung Tinggi
Lansekap Cantik Pantai di Belitung

Senin, 24 Okt 2022, 17:46:57 WIB / By Himawan

Pantai Tanjung Tinggi

Keterangan Gambar : Pantai Tanjung Tinggi @himsaifanah


Pantai ini terletak 30 kilometer dari pusat Kota Tanjung Pandan. Pantai ini akan menyuguhkan keindahan yang menenangkan setiap mata yang memandangnya. Hamparan pasir putih yang luas dipadukan dengan jernihnya air laut yang bergoyang kecil karena ombak. Di sekitaran pinggir Pantai Tanjung Tinggi Belitung ini terdapat pohon-pohon yang dapat anda gunakan untuk berteduh dari matahari yang menyengat.


Pantai Tanjung Tinggi  terletak di antara dua semenanjung. Pemandangan ini menjadikan Pantai Tanjung Tinggi semakun terlihat gagah dan elok. Semenanjung tersebut antara lain semenanjung tanjung Kelayang dan semenanjung tanjung Pendam. Nama dari Pantai Tanjun Tinggi tersebut diambil dari kata tanjung yang mempunyai arti semenanjung  atau sebuah tempat yang menyerupai selat dan kata tinggi ini karena terdapat bebatuan yang tinggi. Pantai ini memiliki bentuk teluk kecil dengan panjang sekitar 100 meter. Karena bentuk pantainya inilah arus ombak tidak begitu besar atau relative kecil. Sehingga cocok bagi anda yang menyukai berbasah-basahan sambal bermain air pantai karena tidak ada kekhawatiran akan terseret oleh arus ombak

Sekitaran Pantai Tanjung Tinggi juga terdapat ratusan batu granit berukuran besar. Ukuran granit sangat beragam, mulai dari batu granit kecil yang hanya memiliki ukuran beberapa meter kubik saja. Sampai banyak sekali batu granit besar yang mempunyai uuranseratusan meter kubik bahkan lebih, yang artinya ukuran batu granit ini lebihluas dari sebuah rumah atau sebuah banguna bungalau. Pemandangan yang menyejukkan mata akan tersaji di Pantai Tanjung Tinggi ini. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin menyegarkan kembali pikiran setelah penat dengan kegiatan maupun pekerjaan anda.

Keunikan dan kemegahan dari Pantai Tanjung Tinggi ini memang dari hamparan batu-batuan granit yang sangat beragam baik bentuk maupun ukurannya. Saat matahari mulai terbenam atau waktu telah mulai menampakkan kecantikan sunset, Pantai Tanjung Tinggi akan semakin menampilkan pesona kecantikan dan keanggunanya yang megah. Pantai ini memang banyak dimintai leh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Semua berbondong-bondong ingin menikmati keindahan Pantai Tanjung Tinggi. Selain itu bagi yang pernah melihat film Laskar Pelangi, mereka serasa ingin merasakan nuansa dari film tersebut. Karena Pantai Tanjung Tinggi ini pernah dijadikan lokasi untuk penggarapan film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Anda yang menyukai dunia bawah air, anda bisa berkeliling di bawah Pantai Tanjung Tinggi untuk menikmati pemandangan dalam airnya. Anda  akan disapa oleh banyak ikan Atherinomous sp yang selalu berkelompok untuk membentuk formasi yang artistik. Bahkan anda akan menjumpai berbagai lapisan dari lamun-lamun yang berjenis dari Cymadocea, selain itu terdapat pula Lamun dengan jenis yang bernama Thalassia, bahkan terdapat pula jenis lamun dari Halophilla, namun kondisi ekosistem air ini sangat disayangkan karena jumlahnya semakin sedikit dan semakin berkurang.


Silahkan Login untuk memberikan Komentar...